Jangan Katakan Ya Jika Ingin Berkata Tidak

Jangan katakan ya jika ingin berkata tidak-Memang kedengarannya sepele. Tapi banyak sekali bahkan hampir setiap orang mengalami fenomena yang satu ini.
Fenomena ini sering kita jumpai di lingkungan keluarga,teman,sekolah,kampus maupun di lingkungan kantor.

Jangankan orang lain,saya sendiri sering sekali mengalami situasi seperti ini.hanya karena sungkan kepada seseorang yang kita anggap lebih tu atau di hormati.

Contoh mudah ,jika suatu saat kita akan disuruh atasan untuk melakukan sesuatu yang kita mengerti kalo itu melanggar aturan. Katakan saja "tidak" tanpa ada sedikit pun keraguan dihati anda.Teman adalah teman, atasan adalah atasan, saudara adalah saudara, namun jika kita menuruti permintaan mereka untuk sesuatu yang melanggar, itu sama saja kita menjerumuskan mereka, bukan menolong mereka.

 Sedangkan untuk urusan percintaan,sering juga kta menemukan Gadis atau Cewek yang ingin menolak cinta si cowok tapi ragu untuk mengatakan "tidak". Alasan yang sering kita dengar dari beberapa cewek yang pernah mengalami nya adalah dikarenakan "kasihan","nggak enak","takut melukai hati", "takut nantinya akan dimusuhi", dan lain sebagainya.Padahal Lari dari jawaban "tidak" akan menjadi bom waktu untuk si cewek tersebut dan akan berkepanjangan tanpa ada penyelesaian yang pasti,sedangkan si cowok masih tetap berharap dengan si gadis tersebut.

Untuk contoh di atas, kata "Tidak"sangatlah berguna untuk menghindarkan diri dari masalah di kemudian hari, menjaga harga diri hingga menunjukkan sikap kita.

Dengan demikian pelajaran yang bisa kita ambil dari atikel ini, agar kita tidak mudah  terbujuk dengan urusan yang kita anggap salah dan melanggar aturan. Yang intinya kita bukanlah seseorang yang "gampangan" untuk berbuat salah atau pelanggaran.Jadi harus siap "Jangan Katakan tidak jika Ingin berkata tidak" karena susah senangnya kitalah yang akan merasakannya.

No comments:

Post a Comment